Mengapa Kita Harus Berbisnis

Posted: Oktober 24, 2010 in Uncategorized

KATA PENGANTAR

Pertama-tama kami ucapkan puja dan puji syukur atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat dan rahmatnya saya dapat di beri kemudahan untuk menyelesaikan makalah ini dengan tema “Mengapa Kita Harus Berbisnis”dan lebih khususnya yang berjudul “Bisnis itu Penting, Menguntungkan dan Bermanfaat”.

Dalam menyelesaikan tugas ini saya cukup mendapatkan kesulitan dan kendala, tetapi berkat bantuan  dari berbagai pihak, akhirnya makalah ini dapat selesai dengan baik dan selesai pada waktu yang telah di tentukan.  Tidak lupa saya ucapkan terimakasih kepada yang terhormat Bu.  Wuri P selaku pengajar dan pembimbing saya dalam mata kuliah Pengantar Bisnis.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penyelesaian makalah ini, oleh karena itu saya menerima kritik dan saran guna menyempurnakan makalah selanjutnya.

Harapan saya semoga makalah ini dapat diterima dan bermanfaat bagi saya khususnya dan pembaca pada umumnya.

Depok, 25 Oktober 2010

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang Masalah

Mengapa perlu bisnis?

Banyak kemajuan pandangan masyarakat kita terhadap bisnis dibandingkan dengan satu atau dua dekade yang lalu. Pada masa lalu, orang tua kita memandang sebelah mata terhadap pekerjaan bisnis. Bisnis tidak dianggap sebagai profesi. Orang terpandang, intelektual, ahli agama menutup minatnya terhadap bisnis, ada rasa malu menerjuni bidang ini. Namun persepsi demikian telah berlalu, masyarakat tidak memandang rendah lagi, bisnis sudah terangkat menjadi profesi elit. Bisnis sudah menjadi dambaan anak muda. Banyak juga orang yang beralih profesi bisnis, seperti ahli hukum , teknologi, kedokteran, pendidik/guru, dosen. Di universitas saya sendiri (GUNA DHARMA), tidak sedikit dosen maupun para mahasiswa/mahasiswi yang juga terjun ke dunia bisnis, karena kalau hanya mengandalkan gaji saja tidak seberapa nilainya. Begitu halnya dengan mahasiswa/mahasiswi (GUNA DHARMA), mereka kuliah sambil terjun ke dunia bisnis. Tapi anehnya, kebanyakan dari mereka bukan berasal dari jurusan Pendidikan Manajemen Bisnis (Tata Niaga). Bagi saya bisnis itu sangat penting. Bisnis dan kehidupan sangat erat kaitannya. Dengan berbisnis seseorang dapat mendapatkan penghasilan serta meningkatkan taraf ekonomi dan kehidupan.

I. 2.      Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan yang ditetapkan adalah

  1. Apa arti konsep bisnis, produk dan jasa dalam berbisnis ?
  2. Membuat visi dan misi dalam berbisnis
  3. Apa pentingnya “Winning, Positive & Learning Attitude”Untuk Menjadi Sukses ?
  4. Membuat “Perencanaan & Strategi Bisnis” Yang Efektif Akan Menghindari Usaha

Daripada Resiko Bisnis dan Keuangan

  1. Seberapa penting peran Optimalisasi “Sumber Daya Manusia”  ?
  1. Mengapa “Kreativitas”, “Kepemimpinan” & “Proses Pembuatan Keputusan”

Sangat Penting ?

  1. Apa pentingnya Pengetahuan Dasar Pengelolaan Keuangan dan Pembiayaan ?
  1. Apakah perlu Pemasaran, Pelayanan & “Product Brand” ?
  1. Bagaimana Mmenghadapi Pesaing

I. 3.      Tujuan

Makalah ini akan membahas lebih dalam kajiannya, yaitu :

1.      Memahami konsep produk dan jasa secara baik

2.      Pentingnya membuat visi dan misi dalam berbisnis

3.      “Winning, Positive & Learning Attitude”Untuk Menjadi Sukses

4.      “Perencanaan & Strategi Bisnis” Yang Efektif Akan Menghindari Usaha

Daripada Resiko Bisnis dan Keuangan

5.      Peranan pentung Optimalisasi “Sumber Daya Manusia”

6.      Pentingnya “Kreativitas”, “Kepemimpinan” & “Proses Pembuatan Keputusan”

7.      Pentingnya Pengetahuan Dasar Pengelolaan Keuangan dan Pembiayaan

8.      Pemasaran, Pelayanan & “Product Brand”

9.      Kiat Sukses Berbisnis

I. 4.      Metode

1.      Mencari bahan melalui internet

2.      Bertanya kepada teman

I. 5.      Kegunaan Penulisan

Penulisan makalah ini berguna untuk Memberi pelajaran / pengertian kepada pembaca mengapa kita harus belajar berbisnis , Memberi saran kepada calon bisnismen, syarat-syarat membuat bisnis yang baik, Memberikan informasi kepada pembaca tentang tahap-tahap proses berbisnis, Memberi informasi kepada pembaca, pentingnya memiliki moral yang baik dalam berbisnis  serta Memberi pengertian kepada pembaca , pengetahuan dasar dalam berbisnis.

BAB  II

PEMBAHASAN

Memulai bisnis bagi kebanyakan orang bukanlah hal yang mudah. Hal yang klasik, banyak pertimbangan di sana sini sehingga tak jarang membuat orang urung memulai bisnis. Semestinya memulai bisnis tidak menjadi salah satu sumber ketakutan bagi setiap orang. Untuk menghilangkan ketakutan dalam memulai bisnis, seseorang bisa membuat persiapan bisnis yang matang sehingga dapat menjalaninya dengan optimistis.

Salah satu seminar Gerald Abraham salah seorang penasehat bisnis pada sebuah firma hukum, juga pemilik dan direktur sebuah konsultan keuangan di tahun 2006, berisi tentang menjadi sukses dengan memahami 9 aspek penting sebelum memulai usaha.

1.Apa arti konsep produk dan jasa dalam berbisnis ?

    Fungsi bisnis adalah untuk menciptakan nilai (kegunaan) suatu produk, yang semula kurang bernilai, setelah diubah atau diolah menjadi menjadi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat / konsumen.Nilai kegunaan (utility Value) yang diciptakan oleh kegiatan bisnis, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat adalah terangkum dalam fungsi utama bisnis. Fungsi utama bisnis adalah menciptakan nilai suatu produk atau jasa dengan cara :
    -Mengubah bentuknya (form utility), yang tidak lain dari fungsi produksi
    -Memindahkan tempat produk itu (place utility), atau fungsi distribusi
    -Mengubah kepemilikan (possessive utility), yaitu fungsi penjualan
    -Menunda waktu kegunaan (time utility), atau fungsi pemasaran
    Steinhoff menyebutkan ada tiga fungsi utama bisnis, yaitu :
    -Mencari bahan mentah (acquiring raw material)
    -Mengubah bahan mentah menjadi barang jadi(manufacturing raw materials into product)
    -Menyalurkan barang yang sudah jadi tersebut ketangan konsumen (distributing product to consumers) .

    Memulai Bisnis Dengan Sukses

    Sebelum memulai suatu usaha maka hal yang terpenting adalah pemahaman kita akan konsep produk atau jasa yang akan menjadi bisnis inti. Kita perlu memahami bukan hanya secara teknis produksi tetapi juga pasar dan prospek mulai daripada lingkungan yang terkecil kepada lingkungan yang terbesar. Dalam topik ini dibahas secara menyeluruh aspek-aspek yang penting dalam melakukan analisa atas kelayakan dan prospek produk termasuk produk-produk yang sama sekali baru dengan melihat sisi human behavior, kebutuhan pasar dan lainnya.

    2.Membuat visi dan misi dalam berbisnis

      Setiap orang yang mau memulai bisnis harus mengetahui visi dan misi yang akan menjadi panduan seseorang untuk tetap fokus kepada tujuan bisnis dan organisasi yang awal. Seringkali suatu usaha pada saat mulai berkembang pada tahap berikutnya mengalami kegagalan karena organisasi tersebut tidak memfokuskan diri kepada peningkatan kemajuan bisnis awal tetapi terlalu banyak mencoba mengembangkan bidang usaha lain yang baru. Dalam topik ini setiap orang akan belajar bagaimana membuat visi dan misi dalam kaitannya dengan latar belakang pribadi dan pengetahuan usaha yang akan anda rintis.

      3.Apa pentingnya “Winning, Positive & Learning Attitude”Untuk Menjadi Sukses ?

        Sikap mental merupakan kunci keberhasilan atas usaha anda selain daripada pemahaman usaha anda. there is no over night success sesuatu yang harus dicamkan daripada setiap calon “entrepreneur” karena dibutuhkan waktu, sikap tidak menyerah, proses belajar secara kesinambunga, dan melihat permasalahan secara positif yang tidak membuat anda menjadi patah semangat namun melihat setiap peluang dan belajar atas setiap kegagalan.Anda akan belajar untuk mengembangkan sikap-sikap diatas untuk menjadi “bisnis entrepreneur” yang sukses.

        4.Membuat “Perencanaan & Strategi Bisnis” Yang Efektif Akan Menghindari Usaha

          Daripada Resiko Bisnis dan Keuangan

          Secara statistik hampir seluruh kegagalan bisnis kecil dan menengah disebabkan karena tidak adanya atau kurang efektifnya perencanaan bisnis yang anda buat. Asumsi-asumsi seperti kapasitas produksi, tingkat utilisasi produksi, proyeksi kenaikan harga dan biaya dan aspek lainnya dalam perencanaan bisnis haruslah menggambarkan secara akurat realitas pasar atau praktek yang ada dalam suatu industri. Sistematika perhitungan dan proyeksi pendapatan dan biaya harus dibuat secara tepat sehingga membantu setiap calon pengusaha untuk menghitung secara akurat kebutuhan modal investasi dan modal kerja termasuk struktur biaya untuk persiapan awal, tahap percobaan, produksi secara komersial, inventori, distribusi, pemasaran, administrasi, sumber daya manusia dan juga komponen pendapatan usaha yang terdiri dari pendapatan inti dan tambahan. Pemahaman yang baik atas hal ini juga akan membantu calon entrepreneur untuk dapat mengindentifikasi potensi resiko bisnis, manajemen dan keuangan dan membuat langkah-langkah pengendalian untuk dapat menghindari setiap resiko tersebut.

          5.Seberapa penting peran Optimalisasi “Sumber Daya Manusia” ?

            Sumber Daya Manusia atau SDM merupakan salah satu kunci keberhasilan usaha yang sangat penting. Banyak pakar yang menyadari bahwasanya untuk memulai usaha seringkali apabila kita merekrut pegawai yang tepat dan berpotensi sangat baik dapat menutup kelemahan manajemen, organisasi dan sistim dalam jangka pendek. Dengan SDM yang tepat maka kita sudah setengah jalan untuk menjadi sukses. Topik ini akan membantu kita untuk memahami kriteria pegawai yang baik dan sesuai dengan kebutuhan usaha, manajemen SDM secara umum termasuk sistim penilaian kinerja pegawai sehingga setiap pegawai akan merasa puas dan juga bagaimana memotivasi pegawai baik secara psikologi umum maupun dengan sistim insentif untuk mengoptimalkan kinerja pegawai.

            6.Mengapa “Kreativitas”, “Kepemimpinan” & “Proses Pembuatan Keputusan”

              Sangat Penting?

              Dalam memulai usaha umumnya setiap calon entrepreneur akan mengalami banyak permasalahan dan krisis. Banyak kegagalan terjadi karena kurangnya kreativitas, kepemimpinan dan pembuatan keputusan yang tepat untuk mencari solusi yang baik. Kreativitas seperti “thinking outbox” atau kemampuan melakukan analisa permasalahan di luar pemahaman yang sudah ada dan mencari alternatif solusi yang kreatif akan sangat membantu usaha anda untuk berhasil. Kreativitas juga akan sangat membantu anda untuk menyesuaikan produk-produk anda agar dapat diterima oleh pasar dan juga melihat berbagai peluang dalam membangun usaha anda. Kepemimpinan sangat penting dalamkrisis untuk membuat setiap pegawai dan semua orang yang terlibat dalam usaha anda percaya bahwasanya anda tidak panik, menjadi tempat last resort solusi atas semua permasalahan dan menjadi panutan. Proses Pembuatan Keputusan akan membantu anda dalam mencari alternatif solusi dan memilih yang terbaik untuk usaha dan organisasi anda. Dalam topik ini anda akan mendapatkan cara-cara mengembangkan kreativitas usaha anda, ciri-ciri kepemimpinan yang cocok dengan latar belakang pribadi anda dan bagaimana proses yang benar dalam membuat keputusan dalam setiap permasalahan.

              7.Apa pentingnya Pengetahuan Dasar Pengelolaan Keuangan dan Pembiayaan ?

                Pemahaman atas aspek ini adalah sangat penting dalam perkembangan usaha anda. Seringkali produksi terganggu karena pengelolaan keuangan yang tidak baik seperti kekurangan dana untuk pembelian bahan baku, alat-alat produksi dan lainnya. Dalamtopik ini akan dibahas pengetahuan dasar atas cash flow atau arus kas yang seperti darah dalam tubuh manusia, biaya pendanaan, pembiayaan modal kerja dan investasi, struktur modal, aset perusahaan, penyertaan modal dan lainnya.

                8.Apakah perlu Pemasaran, Pelayanan & “Product Brand” ?

                  Pemasaran merupakan ujung tombak keberhasilan penjualan produk atau jasa. Sebaik apapun produk atau jasa tanpa pemasaran yang baik maka akan sangat sukar untuk meningkat penjualan dan keuntungan usaha. Di lain pihak tanpa pelayanan yang baik kepada pelanggan maka akan sangat sukar suatu usaha untuk memperoleh pelanggan yang loyal yang merupakan kunci perkembangan usaha. Dengan pelanggan yang loyal maka pekerjaan pemasaran akan lebih mudah karena pelayanan yang baik akan menciptakan product brand yang baik kepada calon pelanggan baru. Dalam topik ini akan dibahas secera menyeluruh semua aspek penting dalam membuat strategi pemasaran,identifikasi pelayanan yang dibutuhkan pelanggan dan bagaimana menciptakan product brand dan efeknya kepada keberhasilan usaha.

                  9.Bagaimana Menghadapi Pesaing

                    Jangan pernah takut dengan pesaing, jadikan pesaing sebagai mitra yg akan bersama-sama menciptakan pasar, yang jelas :

                    -Usaha bisa di tiru

                    -Sistem bisa di Bajak

                    -Tapi Rizki tidak bisa di Jiplak

                    Kiat Sukses Berbisnis:

                    Tujuan Anda membangun bisnis atau usaha adalah untuk mendapatkan keuntungan. Disaat bisnis sedang tumbuh dan menghasilkan keuntungan, pasti akan terpikir oleh Anda bagaimana cara meningkatkan keuntungan tersebut. Pada artikel sebelumnya, saya sudah menulis 4 cara meningkatkan profit bisnis Anda. Artikel ini bisa menjadi pelengkapnya.Fakta menunjukkan, banyak pebisnis yang terlena dengan banyaknya omzet, dan melupakan profit. Padahal profit itulah yang sebenarnya menjadi tujuan utama bisnis. Omzet yang semakin membesar setiap bulannya, bukan berarti profit / keuntungan juga membesar. Hati-hati dengan hal ini Lantas bagaimana cara meningkatkan keuntungan bisnis Anda ?Ada beberapa cara untuk meningktkatkan keuntungan bisnis, antara lain :

                    1.Jujur & Komitmen

                      Contoh kalau kita janji bayar utang tanggal sekian, maka pastikan pada tanggal itu kita bayar, kalau ada sesuatu terjadi maka datang dan sampaikanlah sebelum deadline…dan dengan cara ini ternyata supplier2 berebutan mau supply barang ke TIPTOP.

                      2.Jangan makan uang yang bukan hak kita

                        Contoh uang kembalian yang nilainya dibawah 100perak oleh TIPTOP atas seijin pelanggan diminta dan dikumpulkan dan disalurkan ke Badan Zakat, dan ternyata uang2 recehan yang sering2 dibuat mainan anak kita ini oleh TIPTOP dikumpulkan dan sebulan bisa terkumpul lebih dari 50juta..!! Dahsyat khan.?

                        3.Bayar Zakat, karena itu juga bagian yang bukan hak kita


                          Saya berpikir, kalau recehan dibawah 100perak dikumpulin sebulan >50juta gimana biangnya..? Berapa omsetnya..? berapa untungnya..? dan berapa Zakatnya..? Subhanallah..pasti besar sekali, dan mungkin inilah yang membuat TIPTOP dimana-mana laris termasuk cabang-cabangnya, semenjak hari H pertama pembukaan hingga detik ini dari pagi sampai malam hari…
                          http//www.hadikuntoro.blogspot.com

                          4. Menaikkan harga

                          Cara paling mudah untuk meningkatkan margin keuntungan dalam bisnis adalah dengan menaikkan harga. Dengan hanya menaikkkan harga 10 %, maka keuntungan bisnis Anda akan segera naik. Kenaikan margin bukannya 10 %, melainkan lebih dari itu. Misalkan harga wal barang Anda Rp 100, dengan keuntungan Rp 20. Lalu Anda naikkan 10 % menjadi Rp 110. Berarti setelah Anda naikkan keuntungan Anda menjadi 30 (20 + 10). Jadi dengan hanya menaikkan barang 10 %, Anda sudah menaikkan profit 3 kali lipat.

                          5. Tingkatkan pelayanan dan manfaat, bukannya diskon

                          Sebuah barang komoditas akan tetap berharga murah manakala tidak ada nilai tambah dari manfaatnya. Ketika sebuah barang komoditas diberi nilai tambah manfaat, maka harga barang tadi akan ikut naik seiring dengan penambahan nilai manfaat. Contohnya, kopi di pasar adalah komoditas yang harganya murah. Tapi setelah kopi dijual di Starbuck, nilainya akan manfaatnya bertambah dan harganya melambung tinggi. Apapun barang atau jasa yang Anda miliki saat ini, silahkan naikkan nilai manfaat dan pelayannya. Dan setelah itu Anda bisa menaikkan harga sesuai dengan manfaat dan pelayanan yang Anda berikan. Diskon merupakan salah satu startegi marketing yang bisa meningkatkan omzet bisnis. Tapi Anda juga harus ingat, tujuan utama bisnis Anda adalah mendapatkan keuntungan / profit. Pemberian diskon pasti akan menurunkan margin keuntungan Anda, bukan ? Boleh saja memberi diskon, tapi tentu dengan strategi dan pemikiran yng masak. Nah, daripada selalu memberikan diskon yang belum tentu memberikan hasil, Anda bisa memberikan manfaat dan pelayanan yang lebih baik dengan harga yang sama atau bahkan lebih tinggi

                          6. Merancang anggaran bulanan

                          Kesuksesan harus direncanakan. Termasuk dalam masalah anggaran bulanan bisnis Anda. Rancanglah anggaran bulanan Anda agar pengeluaran Anda bisa lebih terkontrol dan terencana. Tanpa perencanaan bisa jadi banyak pengeluaran yang mestinya tidak perlu, tapi malah Anda lakukan. Segala hal yang nenyangkut masalah pengeluaran uang di perusahaan semestinya sudah direncanakan. Apalagi jika pengeluaran itu sifatnya rutin.

                          7. Lakukan penghematan 10 %

                          Lakukan penghematan semua biaya operasional Anda saat ini sebesar 10 %, kalau bisa lebih besar tentu lebih bagus. Silahkan cek semua pos pengeluaran Anda saat ini, saya yakin banyak sekali pengeluaran yang bisa Anda hemat. Uang yang Anda hemat itu bisa Anda gunakan untuk kepentingan yang lebih bermanfaat bagi bisnis Anda.

                          Contoh-contoh pengematan : gunakan listrik seperlunya, beli kebutuhan kantor secara grosir, mengganti barang-barang kebutuhan rutin dengan barang yang harganya lebih murah, dll

                          8. Hentikan iklan yang tidak efektif

                          Di tengah persaingan usaha yang demikian sengit, iklan adalah bagian dari bisnis yang banyak memakan biaya. Sebagai pebisnis, tentu Anda mencermati mana saja iklan yang menguntungkan dan memberikan dampak bagi kemajuan bisnis. Tidak semua iklan efektif. Iklan yang tidak efektif wajib Anda tinggalkan sekarang juga. Ingat selalu, dunia selalu berubah dan berkembang. Demikian juga perilaku konsumen juga berubah. Media yang dulu efektif untuk iklan Anda, belum tentu saat ini bermanfaat untuk bisnis Anda. Karena itu, melakukan pengukuran terhadap efektifitas iklan Anda menjadi sangat penting.

                          9. Dahulukan menjual barang dengan margin tinggi

                          Apa yang Anda capai saat ini biasanya adalah hasil dari apa yang Anda memfokuskan diri terhadapnya. Jika Anda menjual aneka macam produk dengan margin yang berbeda-beda, ada baiknya mulai saat ini Anda lebih memfokuskan diri memprioritaskan barang dengan margin keuntungan yang tinggi. Margin yang tinggi akan sangat membantu cashflow bisnis Anda. Beda sekali kan jika Anda menjual barang dengan margin rendah, walaupun volume penjualan banyak. Fokuskan penjualan Anda pada produk-produk dengan margin yang tinggi. Mudah-mudahan dengan tips di atas keuntungan bisnis Anda semakin meningkat.

                          BAB III

                          PENUTUP

                          III. 1. Kesimpulan

                          Tujuan bisnis merupakan hasil akhir yang ingin dicapai oleh para pelaku bisnis dari bisnis yang mereka lakukan dan merupakan cerminan dari berbagai hasil yang diharapkan bisa dilakukan oleh bagian-bagian organisasi perusahaan (produksi, pemasaran, personalia, dll) yang akan menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang. Secara umum tujuan dari bisnis adalah menyediakan produk berupa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memperoleh keuntungan dari aktivitas yang dilakukan.

                          Dalam jangka panjang, tujuan yang ingin dicapai tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan konsumen, namun terdapat banyak hal yang ingin dicapai oleh perusahaan dalam bisnisnya, diantaranya:

                          Market standing, yaitu penguasan pasar yang akan menjadi jaminan bagi perusahaan untuk memperoleh pendapatan penjualan dan profit dalam jangka panjang.

                          Innovation yaitu inovasi dalam produk (barang atau jasa) serta inovasi keahlian. Tujuan bisnis yang ingin dicapai melalui inovasi adalah menciptakan nilai tamabah pada suatu produk, misalnya shampoo 2 in 1.

                          Physical and financial resources, perusahaan memiliki tujuan penguasaan terhadap sumber daya fisik dan keuangan untuk mengembangkan perusahaan menjadi semakin besar dan semakin menguntungkan.

                          Manager performance and development, manager merupakan orang yang secara operasional bertanggung jawab terhadap pencapaian tujuan organisasi. Untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik, manager perlu memiliki berbagai kemampuan dan keahlian yang sesuai dengan profesinya. Maka diperlukan peningkatan kinerja dan pengembangan kemampuan manager melalui serangkaian kegiatan kompensasi yang menarik dan program training and development yang berkelanjutan.

                          Worker Performance and Attitude, untuk kepentingan jangka panjang, maka sikap para karyawan terhadap perusahaan dan pekerjaan perlu diperhatikan agar dapat bekerja dengan baik.

                          Public Responsibility, bisnis harus memiliki tanggung jawab sosial seperti memajukan kesejahteraan masyarakat, mencegah terjadinya polusi dan menciptakan lapangan kerja, dll.

                          III. 2. Kendala

                          Dalam pembuatan makalah ini , Saya mengalami kendala dalam mencari bahan serta memahami pokok- pokok pembahasan mengenai Mengapa Kita Perlu Berbisnis.

                          III. 3. Saran

                          Dari kesimpulan diatas Saya dapat sedikit memberi saran kepada calon Bisnismen, yaitu :
                          1. Menjadi seorang bisnismen  yang jujur
                          2. Pebisnis  harus mempunyai kepribadian yang baik
                          3. Pebisnis harus memiliki komitmen
                          4. Pebisnis sebisa mungkin menjalin komunikasi dengan masyarakat khususnya               pelanggan sehingga bisa terjalin hubungan yang akrab diantara keduanya

                          Tinggalkan Balasan

                          Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

                          Logo WordPress.com

                          You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

                          Gambar Twitter

                          You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

                          Foto Facebook

                          You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

                          Foto Google+

                          You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

                          Connecting to %s