Bisnis Online

Posted: Desember 28, 2010 in Uncategorized

KATA PENGANTAR

Puja dan puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas berkat,  rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tulisan ini dengan judul “Bisnis Online”.

Dalam penyelesaian tulisan ini saya menemui  kesulitan dan kendala, tetapi berkat bimbingan dan bantuan dari berbagai pihak, akhirnya tulisan ini dapat diselesaikan pada waktu yang telah di tentukan. Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Yang Terhormat Ibu. Wuri P selaku pengajar dan pembimbing saya dalam mata kuliah Pengantar Bisnis.

Saya menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan dalam penyelesaian tulisan ini, oleh karena itu saya menerima secara terbuka kritik dan saran guna menyempurnakan tulisan selanjutnya.

Harapan saya semoga tulisan ini dapat diterima dan bermanfaat bagi saya khususnya dan pembaca pada umumnya.

Depok, 28 Desember 2010

 

Penulis

BAB I

PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang Masalah

Untuk memenuhi tugas yang telah di berikan oleh Ibu Wuri P selaku pengajar pengantar bisnis.

I. 2.      Rumusan Masalah

Untuk mengetahui apa itu Bisnis Online beserta pemahamannya.  Mahasiswa juga dituntut untuk mengerti  apa saja yang menyangkut Bisnis Online.

I. 3.      Tujuan

Mengetahui pengertian atau definisi dari Bisnis Online. Selain itu,  untuk mengetahui Kekurangan, kelebihan dan kegagalan dari Bisnis Online tersebut. Agar setiap mahasiswa dapat mengerti hal-hal yang menyangkut Bisnis Online.

I. 4.      Metode

Metode yang digunakan dalam pembuatan tulisan ini adalah pencarian bahan dari internet dan mencari tahu tentang Bisnis Online pada orang lain.

I. 5.      Kegunaan Penulisan

Selain untuk memenuhi tugas yang di berikan oleh pengajar, penulisan papper ini berguna untuk memberi pengertian atau pembelajaran kepada pembaca tentang Bisnis Online.  Banyak hal yang perlu di ketahui  jika ingin menjadi pebisnis online. Dengan membaca tulisan ini setidaknya dapat menambah pengetahuan yang berhubungan dengan Bisnis Online.

BAB  II

PEMBAHASAN

1.Definisi Bisnis Online

Definisi Bisnis Online sering di artikan sebagai berbagai macam bisnis yang dilakukan secara online di internet sebagai  pemasaran suatu produk dan jasa. Sebenarnya internet hanya media dalam memasarkan atau promosi atas suatu produk maupun jasa dengan mengharapkan ada pengguna  internet yang  melihat dan mengenal produk atau jasa yang di tawarkan dan akhirnya tertarik menggunakan produk maupun jasa yang di tawarkan. Kebanyakan barang yang di tawarkan dalam Bisnis Online berupa Produk.

Bisnis Online adalah cara berbisnis seorang pebisnis yang dikerjakan secara online atau berbisnis di internet sebagai medianya. Sekarang  internet banyak yang  memanfaatkan untuk hal-hal yang positif misalnya, untuk mencari uang, bersilahturahmi, mencari pacar, berbagi informasi dan berbagi file, dan lain sebagainya.

Selain itu, Bisnis Online dapat di artikan sebagai kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan (dalam bentuk uang), yang di jalankan secara online melalui media internet. Banyak peluang untuk memperoleh penghasilan dari Bisnis Online. Tapi bukan berarti memperoleh uang dari bisnis online sangat mudah. Anda harus mengetahui benar tentang bisnis online. Karena banyak penipuan yang mengatasnamakan Bisnis Online  di internet.

2.Macam Istilah Bisnis Online

Dalam menjalankan Bisnis Online kita harus mengetahui beberapa istilah yang ada didalam Bisnis Online agar dapat menjalankannya dengan benar supaya mendapatkan kesuksesan dalam bisnis online. Beberapa istilah yang ada didalam bisnis online yaitu :

  • Afiliasi

Affiliasi adalah jenis bisnis online dimana kita menjual produk orang lain dan kita akan mendapatkan komisi dari produk yang berhasil kita jual. Besar komisinya berbeda-beda, tergantung dari masing-masing situs bisnis affiliasi yang kita ikuti. Sistem kerja bisnis affiliasi ini adalah kita mengirimkan visitor/pengunjung sebanyak-banyaknya ke website merchant/toko dengan menggunakan url  affiliasi yang telah diberikan, saat visitor tersebut melakukan transaksi pembelian maka kita akan mendapatkan komisi dari transaksi tersebut.

  • Reseller

Artinya adalah, orang yang menjualkan suatu produk dari sebuah website. Pada umumnya, orang yang menjadi reseller akan mendapat komisi sekian persen jika reseller tersebut berhasil menjual produk dari sebuah website.

Contohnya, amazone.com. Setiap kali anda melakukan penjualan produknya anda akan mendapat komisi.

  • Referal / Referer

Referer/Referal Adalah orang yang mengajak untuk bergabung/orang yang memberikan referensi suatu bisnis untuk diikuti. Misalnya si A mengikuti bisnis 1, selanjutnya si A mengajak si B untuk bergabung di bisnis 1 melalui url miliknya.

  • Resell Rights

Istilah ini di artikan sebagai “Produk yang boleh anda jual kembali, tapi konsumen anda tidak boleh menjualnya kembali”

  • Master Resell Rights

Produk yang boleh anda jual kembali, dan anda boleh memberikan hak yang sama kepada konsumen anda. Anda bisa juga memberikan konsumen anda dengan lisensi Resell Rights.

  • Private Label Rights

Produk yang isi-nya boleh anda edit, lalu anda jual. Dan konsumen anda bisa anda berikan lisensi Private Label Rights, Master Resell Rights, Resell Rights, terserah Anda. Produk dengan lisensi Private Label Rights, haruslah menyertakan source code-nya jika itu software. Jika produk tersebut berupa eBook, maka anda akan di beri file .doc / .txt. biasanya, produk dengan lisensi ini memberikan ijin kepada anda, untuk mengakui bahwa produk tersebut buatan anda (tergantung kepada pembuatnya).

  • Giveaway Rights

Anda di izinkan untuk memberikan produk tersebut kepada orang lain, tetapi orang lain tersebut tidak boleh menjualnya.

  • Branding Rights

Anda dapat merubah url website, Nama, link afiliasi suatu produk dengan milik anda sendiri.

  • Subscribe / unsubscribe

Istilah ini dipakai dalam mailing list/newsletter , dengan kata lain Subscribe berarti mendaftarkan diri anda ke suatu mailing list dengan cara memasukkan nama dan email anda pada sebuah website, dan Unsubscribe berarti keluar dari suatu mailing list. Biasanya dalam email anda akan di berikan sebuah link untuk Unsubscribe.

  • E-zine

E-Zine adalah singkatan dari electronic magazine. Ezine tidak berbeda dengan majalah yang biasa anda beli di tukang koran. Hanya saja isi dari tulisan-tulisannya di rubah menjadi digital sehingga untuk membacanya harus menggunakan komputer.

  • Autosurf

Autosurf Adalah program yang memberikan keuntungan sekian persen per hari atau per bulan namun anda di wajibkan untuk membuka web site klien mereka setiap hari (banner / iklan).

  • HYIP

HYIP adalah singkatan dari High Yield Investment Program. cara kerjanya adalah, Anda menaruh sejumlah uang / dana kepada sebuah web site yang menjanjikan keuntungan sekian persen / bulan atau per hari.

  • PTR, PTC & PTS Program

Adalah singkatan dari Pay To Read, Pay To Click dan Pay To Signup. ini adalah program dari web site pemasang iklan. Mereka menjanjikan akan memberi imbalan sejumlah uang kepada para member hanya dengan membaca email, mengklik iklan banner atau mendaftar pada suatu web site.

  • E-gold

E-Gold adalah suatu alat pembayaran digital (digital cash) yang dapat dipergunakan di seluruh dunia, dikeluarkan oleh e-gold Ltd., standar nilainya didasarkan pada 100% harga emas murni yang berlaku di pasar dunia, dan ditampilkan dalam bentuk rekening tabungan

  • Safelist

Safelist adalah kumpulan pemasang iklan yang bergabung bersama dalam suatu group, dimana mereka bebas mengirim iklan ke seluruh member yang tergabung didalam Safelist tersebut, tanpa harus takut dituduh melakukan SPAM, karena mereka yang bergabung di Safelist, juga diharuskan menerima iklan dari member lain

  • PAYOUT

adalah waktu kita dibayar ketika sudah mencapai batas pembayaran

  • PTC = Paid To Click

Adalah kita dibayar apabila meng-klik dan melihat iklan-iklan yang di sediakan oleh situs tersebut

  • PPC = Pay Per Click

Artinya kita akan dibayar apabila ada iklan yang telah dipasang di situs kita diklik oleh orang lain per unic visitor

  • PPS = Pay Per Sale

Artinya kita mendapatkan bayaran/ komisi jikalau kita dapat menjual produk/ jasa yang ditawarkan oleh suatu perusahaan affiliate. System pembayarannya adalah bagi hasil/ kita mendapatkan persentase dari harga produk/ jasa tsb. Dalam hal ini kita sebagai resellernya, sebagai contoh perusahaan yang sangat terkenal adalah amazon.com

  • PPL = Pay Per Lead

Yang satu ini berarti kita akan mendapat bayaran apabila kita mampu merekrut seseorang lalu mengisi kotak form pendaftaran yang disediakan untuk menjadi member suatu perusahaan affiliate. Tapi syaratnya kita harus terlebih dahulu menjadi membernya.

  • CPC = Cost Per Click

Ini pengertiannya sama saja dengan PTC, yang mana artinya kita akan mendapatkan bayaran apabila iklan yang ada di web/ blog kita ada yang mengkliknya. Jadi semakin banyak yang mengklik otomatis semakin tebal kantong anda.. contohnya yang paling terkenal utk saat ini adalah Google Adsense.

  • CPM = Cost Per Million

Sepengetahuan saya sich ini menggunakan system Impression/ Page view, jadi kita akan dibayar apabila iklan yang terpasang di web/ blog kita telah mencapai 1000 X di tampilkan.

3.Keuntungan Bisnis Online

  • Tidak membutuhkan modal usaha yang terlalu besar.

Dalam menjalankan bisnis online, modal bukanlah hal utama bagi para pengusaha. Karena banyak peluang yang dapat dijalankan dengan modal kecil bahkan tanpa modal sama sekali, modal utama yang seharusnya dimiliki adalah fasilitas komputer dan adanya jaringan internet.

  • Menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan toko offline.

Keuntungan yang kedua dari bisnis online adalah, luasnya jangkauan pasar. Karena dengan jaringan internet, dapat membantu pemasaran bisnis yang Anda jalankan hingga mencakup semua daerah bahkan sampai ke lain negara. Yang dibutuhkan hanya optimalisasi penggunaan SEO, agar bisnis Anda mudah ditemukan konsumen

  • Biaya operasional yang cenderung lebih murah dibandingkan bisnis offline.

Bisnis online dapat dikerjakan dari rumah, dan tidak terlalu membutuhkan biaya operasional yang terlalu tinggi layaknya bisnis offline

  • Memberikan keuntungan baik materi maupun non materi.

Keuntungan materi yang diperoleh dari bisnis online tidak kalah besar dibandingkan bisnis offline, karena biaya operasional bisnis online yang cenderung masih rendah. Selain itu keuntungan non materi dengan bertambah luasnya jaringan,  juga sangat membantu perkembangan bisnis online yang dijalankan

  • Waktu kerja bisnis online yang tidak terbatas,

Bahkan nonstop 24 jam. Karena dalam menjalankan bisnis online yang bekerja adalah sistem, sehingga tugas kita sebagai pemilik usaha hanya memberikan follow up atas permintaan yang telah diterima sistem

  • Mudahnya pelayanan yang diberikan kepada para konsumen,

Dengan fasilitas online yang mendukung. Misalnya untuk pembayaran dapat dilakukan dengan mencantumkan nomor rekening perusahaan Anda, sehingga hasil omset penjualan dapat langsung Anda terima.

4.Kelebihan Bisnis Online

  1. bisnis online bisa dijalankan dari mana saja, yang penting ada komputer atau laptop yang terhubung ke internet
  2. Modal yang dibutuhkan relatif lebih sedikit
  3. Bisnis bisa berjalan otomatis dengan bantuan software tertentu
  4. Tidak butuh jumlah karyawan yang banyak
  5. Tersedia banyak pilihan bisnis yang ada
  6. Biaya lebih efisien
  7. Promosi lebih luas
  8. Waktu lebih fleksibel

5. Kekurangan Bisnis Online

  1. Terlalu banyak pilihan bisa membuat kita bingung mau milih ikutan yang mana
  2. Sulitnya membangun kepercayaan dengan customer
  3. Koneksi Internet yang Mahal
  4. Kurva pembelajaran lama
  5. Awal-awal tahun akan makan banyak waktu daripada kerja biasa dan mengorbankan banyak waktu.
  6. Persaingan lebih ketat
  7. Mudah disalahgunakan

6.Penyebab kegagalan Bisnis Online

Beberap faktor yang sering ditemukan oleh Pemula dalam berbisnis Online, yaitu:

  • Sebagai pemula dalam bisnis online tidak ada yang mengarahkan bagaimana memulai apalagi mengembangkan bisnisnya. Sehingga bisnis yang dijalankan jalan ditempat sehingga lambat laun mengalami kebangkrut.
  • Tidak adanya visi bisnis yang benar (pandangan bisnis jauh kedepan). pandang bisnis jauh kedepan ini, sangat diperlukan untuk kelangsungan bisnis anda dalam jangka panjang.
  • Tidak memiliki ilmu yang siap untuk di actionkan atau diterapkan, sehingga bagaimana mau memulai ilmunya tidak punya.
  • Terlalu banyaknya informasi yang anda dapatkan, sehingga anda bingung mau memulai yang mana.
  • belajar tanpa mengeyam hasil dari bisnis
  • Tidak mau berusaha untuk mencari modal dalam memulai bisnis.
  • Tidak mau investasi waktu untuk menjalankan bisnis.
  • Tidak mau menghadapi hambatan dalam berbisnis.
  • Tidak mau berpikir mencari solusi.

7. Faktor Keberhasilan dalam menjalankan Bisnis Online

  1. Rencanakan Jenis Bisnis Online yang akan anda jalani
  2. Tentukan Produk / Niche
  3. Tentukan Target Penjualan
  4. Memilih Nama Domain yang Tepat
  5. Memilih Hosting yang Tepat
  6. Membuat Halaman Web, Baik dengan HTML biasa ataupun dengan CMS
  7. Bacalah E-Book gratis sebanyak-banyaknya
  8. Implementasikan semua ilmu yang anda dapat dari E-Book gratis

8.Tips dalam Memilih Bisnis Online untuk Para Pemula

1.Pilihlah bisnis yang tidak menipu.

Untuk mengecek apakah sebuah situs/bisnis merlakukan penipuan atau tidak anda bisa melakukan hal-hal berikut:

a. Lihat di situs tersebut apakah memiliki alamat yang jelas atau tidak dan jika tersedia nomor telfon anda bisa mencoba mengeceknya.

b. Jika situs tersebut menampilkan testimoni pastikan orang yang memberi testimony tersebut memiliki nomor telfon atau email yang bisa dihubungi.

c.Anda bisa bergabung di forum terkait dan anda bisa melemparkan sebuah topik mengenai bisnis tersebut. Jika sebuah bisnis melakukan penipuan biasanya para anggota forum akan memberitahu anda.

d. Anda bisa mengecek tingkat kepercayaan situs tersebut di http://www.mywot.com. Semakin tinggi tingkat kepercayaan dari situs tersebut maka situs tersebut layak anda percaya.

2.Pilih Bisnis Internet On Line yang sudah Terbukti Dan Teruji!

3. Jika anda ingin bergabung dengan sebuah bisnis affiliasi, maka saran saya pilihlah bisnis yang member atau anggotanya banyak!

4. Pilihlah bisnis yang banyak direkomendasikan oleh para pakar di bidangnya!

5. .Last but not least, Anda hendaknya bisa menanggapi sebuah iklan atau situs dengan cerdas. Pakailah akal sehat anda.

Jangan terbuai dengan angan-angan jadi jutawan dalam sehari.Ingat! Tidak ada cara instan untuk jadi kaya. Semuanya butuh proses. Selain faktor lainnya, mau belajar, tekun, sabar dan mau bekerja keras adalah kunci utama keberhasilan dalam berbisnis

9. Macam-macam Bisnis Online :

  • PPC (PAY PER CLICK) Publisher

Hampir semua pebisnis online mengikuti program ini, karena sangat mudah dan simpel. PPC (Pay Per Click) adalah suatu program dimana kita akan dibayar jika ada yang mengklik iklan yang ada di website atau blog kita. Komisi yang diberikan bervariasi. Ada banyak sekali broker PPC yang ada di internet, misalnya yang paling terkenal adalah Google Adsense dan lainnya seperti AdBrite, AdEngage, ADster, AdToll, BidVertiser, Etology, ExoClick, Kontera, Miva, Oxado, WidgetBucks dll.
Sedangkan PPC local diantaranya adalah kliksaya, ppcindo, adspeedy, adsensecamp.

  • . PTR (Paid To Review)

Paid To review adalah salah satu sumber untuk mendapatkan uang dari internet dengan aktivitas ngeblog kita. Caranya adalah kita mereview atau menulis artikel tentang produk dari advertiser/pemasang iklan. Ada banyak sekali broker PTR di internet misalnya, SponsoredReviews, smorty, buyblogreviews, linkworth, blogvertise, dll.
Di Indonesia juga PTR local seperti reviewmu.com dan AdReviewCamp.com

  • Membuat Produk Sendiri ( Creating Own Product )

Untuk anda yang memiliki kemampuan lebih dalam suatu bidang tertentu, ada baiknya membuat sendiri produk anda dengan menjual ide atau keahlian anda yang dikemas dalam produk digital seperti ebook, software, dan video training.
Dengan memiliki produk sendiri berarti keuntungan jadi lebih tinggi.
Anda bisa belajar membuat produk anda sendiri dengan menemukan Ide Untuk Dijual di Internet disini.

  • Toko Online / Online Store

Jika anda memiliki sebuah usaha bisnis offline, seperti jual barang elektronik, jual baju, barang antik, jual kartu undangan atau apapun itu, anda bisa menjual barang dagangan anda di internet dengan membuat sebuah toko online. Didalamnya anda bisa menampilkan gambar-gambar produk beserta harganya layaknya sebuah katalog. Saat ini banyak sekali toko online yang ada di internet.
Jika anda tidak mempunyai produk, anda bisa bekerjasama dengan penjual barang atau teman anda yang punya usaha tertentu untuk di promosikan di internet dengan sistem bagi hasil.

  • Forex / Online Trading

Online Forex Trading meskipun merupakan bisnis nyata, juga bisa dikatakan sebagai bisnis online, karena proses transaksinya menggunakan internet.
Forex trading ini merupakan bisnis yang dapat mendatangkan keuntungan yang besar tapi sangat beresiko. Bagi anda yang belum memiliki keahlian dalam bidang ini sebaiknya jangan dicoba dulu deh, bisa bangkrut mendadak. Kecuali jika anda memiliki dana yang cukup diimbangi dengan keahlian, maka dijamin bisnis ini akan membuat anda kaya mendadak.

BAB III

PENUTUP

III. 1. Kesimpulan

Setiap ingin memulai suatu bisnis, baik online maupun tidak. Kita harus mempunyai pengetahuan tentang apa saja yang terdapat di dalam bisnis yang kita ingin jalankan. Salah satunya Bisnis Online, sudah banyak bisnis online yang ada dan tersebar di Indonesia. Tetapi tidak semua orang tahu tentang Bisnis Online.

Bisnis Online adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mendapatkan penghasilan (dalam bentuk uang), yang di jalankan secara online melalui media internet. Banyak peluang untuk memperoleh penghasilan dari Bisnis Online. Tapi bukan berarti memperoleh uang dari bisnis online sangat mudah. Anda harus mengetahui benar tentang bisnis online. Terlalu banyaknya Bisnis Online yang beredar di masyarakat, oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam menentukan atau memilih Bisnis Online yang akan kita jalani. Karena tidak sedikit  penipuan yang mengatasnamakan Bisnis Online  di internet.

Banyak kelebihan dan kekurangan dari bisnis online. Tidak semua bisnis online dapat menghasilakan keuntungan. Kita harus cermat dalam pemilihan bisnis online yang akan kita jalani, karena saat ini tidak hanya satu bisnis online yang ada di Indonesia. Selain itu, banyak penipuan yang mengatasnamakan bisnis online.

Di dalam Bisnis Online juga terdapat beberapa istilah yaitu: Afiliasi, Reseller, Referal / Referer, Resell Rights, Master Resell Rights, Private Label Rights, Giveaway Rights, Branding Rights, Subscribe / unsubscribe, E-zine, Autosurf, HYIP,PTR, PTC & PTS Program, E-gold, Safelist, PAYOUT, PTC, PPC, PPS, PPL , CPC, CPM.

III. 2. Kendala

Dalam pembuatan tulisan ini, saya mengalami masalah dalam mencari bahan serta memahami pokok-pokok pembahasan mengenai “Bisnis Online”.

III. 3. Saran

Dari tulisan di atas dan kesimpulan yang telah saya ambil, saya dapat sedikit memberi saran bagi para pemula yang ingin melakukan usaha Bisnis Online, yaitu :

a) Harus mempunyai KOMITMEN

Dalam melakukan Bisnis Online setiap orang harus mampunyai komitmen yang teguh dalam menjalankan Bisnis Online. Komitmennya adalah berjanji dan yakin pada diri sendiri untuk  mewujudkan bisnisnya sampai sukses. Bahkan tidak sedikit para pebisnis online yang meninggalkan pekerjaan utamanya untuk melaksanakan Bisnis Online samapai sukses. Komitmen seperti ini tidak harus kita ikuti. Dengan kita berkomitmen teguh pasti sukses. Karena komitmen dapat mengantarkan kita pada kesuksesan kita.

b) MANAGEMEN WAKTU

Kita harus pandai-pandai dalam mengatur waktu. Karena managemen waktu juga penting. Orang yang pintar mengatur waktu adalah orang yang berproduktivitasnya tinggi. Orang yang seperti ini adalah ciri-ciri orang yang sukses. Sebaliknya, jika orang yang suka mengundur-undur waktu, menyia-nyiakan waktu, dan menunda-nunda waktu adalah pemalas.

c) FOKUS

Bisnis online tidak hanya satu, banyak bisnis online yang ada. Makanya kita jangan sampai gegabah kalau ingin menjadi pebisnis online. Jangan mencoba banyak bisnis online dalam satu waktu. Fokus dulu sama satu bisnis, kalau sudah sukses dan lancar baru ke bisnis yang lainnya.

Sesungguhnya penentu dari sukses atau tidaknya bisnis online itu tergantung pada tindakan dan konsistensi kita dalam menjalankan 3 faktor yang telah saya jelaskan di atas. Jangan lupa persiapan mental dan faktor keberuntungan juga berpengaruh terhadap sukses atau tidaknya bisnis yang kita jalani.

Komentar
  1. Richard Smith mengatakan:

    bforex platform is a leading global Forex broker specializing in the rapidly growing Foreign Exchange industry, with clients in over 30 countries around the world. With 18 offices globally and over 400 employees worldwide, we offer our traders access to local and international markets using the latest in cutting-edge trading technology.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s