Globalisasi

Posted: Oktober 22, 2011 in teori ekonomi 1 SMAK04-3

Pengertian Globalisasi

Globalisasi di ambil dari kata global yang artinya luas atau mendunia. Secara umum globalisasi merupakan perubahan segala aspek ekonomi yang berdampak secara luas atau mendunia melintasi batas negara. Sedangkan menurut Wikipedia, “Globalisasi atau penyejagatan adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, atau proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terikat satu sama lain, mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan ko-eksistensi dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.”

Globalisasi perekonomian

Globalisasi ekonomi merupakan proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, di mana di seluruh dunia  menjadi satu pasar (pusat) yang semakin menjadi satu tanpa adanya batasan antar Negara. Ketika globalisasi ekonomi telah terjadi, batas-batas antar suatu negara menjadi tak terlihat karena keterkaitan antara ekonomi nasional dengan perekonomian internasional menjadi semakin erat. Globalisasi perekonomian memberikan peluang kepada produk-produk global masuk kedalam pasar domestic.

Ciri globalisas

  1. Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal dari budaya yang berbeda.
  2. Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
  3. Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah raga internasional). saat ini, kita dapat mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
  4. Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.

Dampak globalisasi

  • Dampak Positif Globalisasi :
    1.      Semakin terbukanya pasar untuk produk-produk ekspor,dengan catatan produk yang akan di ekspor dapat bersaing di pasar internasional. Olehkarena itu semakin banyaknya produk-produk yang lebih inovatif, kreatif yang di butuhkan oleh pasar internasional
    2.      Semakin mudah mengakses modal investasi dari luar negeri
    3.      Semakin mudah memperoleh barang-barang yang dibutuhkan masyarakat dan belum bisa diproduksi di suatu negara.
    4.      Semakin meningkatnya kegiatan pariwisata, sehingga membuka lapangan kerja di bidang pariwisata sekaligus menjadi ajang promosi produk suatu negara.
  • Dampak negatif globalisasi :
    1.      Kemungkinan hilangnya produk suatu negara karena kurang bersaingnya produk yang dihasilkan oleh negara tersebut.
    2.      Kebanjiran produk luar negeri didalam negeri sendiri. Sehingga mematikan usaha-usaha yang ada di negeri tersebut.
    3.      Ancaman dari sektor keuangan dunia yang semakin bebas dan menjadi ajang spekulasi. Investasi yang sudah ditanam di Indonesia bisa dengan mudah ditarik atau dicabut jika dirasa tidak lagi menguntungkan. Hal ini bisa memengaruhi kestabilan ekonomi.
    4.      Ancaman akan masuknya tenaga kerja asing yang lebih kompeten dari pada  tenaga kerja didalam negeri. Lapangan kerja yang sudah sempit akan semakin sempit.

Langkah-Langkah Strategis Suatu Negara menuju Globalisasi

Langkah-langkah strategis terbagi menjadi dua, yaitu langkah strategis jangka pendek dan langkah-langkah strategis jangka panjang.

  • Langkah-langkah strategis jangka pendek:
    1.      Diversifikasi produk dan pasar.
    2.      Melakukan aliansi strategis dengan perusahaan-perusahaan besar terutama yang memiliki jaringan bisnis global.
    3.     
    Memperbaiki kualitas dan merubah penampilan produk buatan dalam negeri untuk bersaing dengan produk luar negeri.
    4.       Mempertinggi efisiensi dan produktivitas.
    5.      Memperkuat akses ke sumber-sumber informasi mengenai pasar, bahan baku, teknologi dan kebijakan-kebijakan dan regulasi-regulasi menyangkut perdagangan internasional.
    6.      Melakukan kegiatan promosi yang lebih agresif, namun efisien dan efektif.
    7.      Menjalin kerjasama yang lebih baik dengan pemerintah dan lembaga-lembaga pemerintah lainnya maupun swasta pendukung kegiatan ekspor.
    8.      Melakukan penyesuaian dalam manajemen dan organisasi.
    Langkah-langkah strategis jangka panjang adalah terutama dalam empat hal:
  1. Mengembangkan sumber daya manusia dan teknologi.
  2. Melakukan inovasi dalam proses produksi dan produk berdasarkan skenario permintaan dunia dalam jangka menengah dan panjang.
  3. Meningkatkan kapasitas produksi.
  4. Membangun jaringan bisnis global sendiri atau secara kelompok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s