Sumber daya, Kebutuhan dan Pengelolaan

Posted: Oktober 22, 2011 in teori ekonomi 1 SMAK04-3

Sumber ekonomi atau faktor produksi berupa sumber daya alam, sumber daya manusia dan sumber daya buatan manusia. Sumber ekonomi di kelola oleh manusia untuk  memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Sumber daya terbagi menjadi dua yaitu sumber daya alam yang dapat di perbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Karena kebutuhan manusia mempunyai sifat yang tidak terbatas itu artinya bahwa secara keseluruhan kebutuhan manusia tidak dapat terpenuhi atau terpuaskan.  Laju pertumbuhan manusia yang semakin lama semakin meningkat tapi tidak dibarengi akan sumber daya yang ada. Dan tidak semua sumber daya yang tersedia di alam bisa dapat langsung  dimanfaatkan tetapi sumber daya itu harus melalui proses terlebih dahulu untuk nantinya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Di dalam proses yang dibutuhkan sumber daya memerlukan sumber daya alam yang lain, waktu dan bahkan biaya tambahan untuk memproduksi sumber daya agar dapat bisa dikonsumsi manusia. Dikarenakan semakin bertambahnya sumber daya yang dipakai untuk memproduksi suatu barang maka semakin menipisnya sumber daya yang tersedia hingga menimbulkan kelangkaan.

Misalkan (udara dengan makanan) : Udara terdapat bebas di dunia ini, karena jumlahnya yang tidak terbatas tapi semuanya membutuhkan udara untuk bernafas. Tapi pengambilan atau proses  untuk menggunakan udara tidak ada hingga tidak ada kelangkaan dalam memperolehnya. Berbeda lagi dengan kondisi di mana seseorang yang sakit harus melakukan pengorbanan untuk mendapatkan udara (oksigen) untuk membantu pernafasannya. Udara yang di maksudkan di sini telah melakukan proses untuk mendapatkannya hingga di perlukan pengorbanan lain untuk memperoleh udara tersebut. Jadi akan terdapat kelangkaan untuk memperoleh udara ini (tabung oksigen).

Sama halnya dengan makanan, makanan tidak dapat kita peroleh langsung untuk di konsumsi tapi harus melalui proses untuk selanjutnya di konsumsi. Bahkan dalam proses pengolahan makanan, memerlukan sumber daya lain, waktu dan biaya tambahan untuk akhirnya dapat dikonsumsi. Jadi makanan termasuk kedalam barang langka.

Ekonomi mengakomodir 2 aspek yaitu sumber daya dan juga kebutuhan. Sumber daya perlu di akomodir agar ketersediaannya di alam dapat terjaga dan juga kegiatan ekonomi dapat tetap berjalan. Karena ada 3 hal aspek yang sangat berperan penting dalam ekonomi yaitu, sumber daya, kebutuhan dan pengelolaan. Jadi, selain sumber daya yang harus di akomodir dalam ekonomi kebutuhan juga harus diakomodir agar tetap berjalannya kegiatan ekonomi. Dalam hal ini manusia mengakomodir kebutuhan akan penggunaan sumber daya untuk mempertahankan kegiatan ekonomi.

http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/prihantoro/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s