Pergeseran Kurva Penawaran

Posted: November 5, 2011 in teori ekonomi 1 SMAK04-3

Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukan hubungan  antara harga barang dengan jumlah barang yang ditawarkan. Pergeseran kurva penawaran di pengaruhi oleh beberapa hal, yaitu :

  • Prices of relevant resources (harga sumberdaya barang tersebut)
  • Technologi (teknologi)
  • Number of sellers (jumlah penjual)
  • Expectation of future prices (ekspektasi dimasa depan)
  • Taxes and subsidies (pajak dan subsidi)
  • Government restrictions(batasan pemerintah)

Penjelasan pada kurva pertama (a) adalah pergeseran kurva terjadi karena adanya perubahan teknologi, ekspektasi di masa yang akan datang, subsidi dan banyaknya penjual.

  • Semakin majunya teknologi yang di gunakan produsen untuk menghasilkan barang maka semakin banyak pula barang yang dapat di tawarkan oleh produsen dan dapat di jual dengan harga yang sama. Teknologi yang semakin maju menggantikan peran manusia dalam bekerja. Ketika manusia hanya dapat menghasilkan satu  barang atau unit yang dihasilkan  dalam kurun waktu satu menit maka sebuah mesin dapat menghasilkan dua bahkan tiga unit barang yang dihasilkan pada waktu yang sama. Jadi output atau barang yang dihasilkan lebih banyak. Sehingga dengan harga yang sama penawaran barang yang dihasilkan akan semakin banyak, karena dengan menggunakan teknologi  tidak perlu membuang waktu untuk menghasilkan banyak barang (efisiensi waktu).

  • Produsen telah memperkirakan ekspektasi harga di masa yang akan datang , karena produsen telah memperkirakan harga barang yang di produksinya akan naik pada masa yang akan datang jadi, produsen menimbun banyak barang untuk di jual pada masa yang akan datang. Sehingga pada masa tersebut barang yang ditawarkan menjadi banyak tetapi harganya tetap (sama dengan harga yang pada masa itu berlaku), karena pada masa sekarang yang di keluarkan harganya lebih murah dari harga yang akan datang. Sehingga ketika harga barang itu tidak mengalami kenaikkan dan produsenpun mendapatkan keuntungan lebih dari pada penjualan itu.

  • Subsidi dari pemerintah untuk produsen membantu mereka  membuat lebih banyak barang yang dapat di tawarkan kepada konsumen. Ketika subsidi yang dikeluarkan pemerintah semakin banyak untuk produsen maka semakin banyak pula barang yang ditawarkan kepada konsumen.

  • Number of sellers (jumlah penjual) mempengaruhi  berapa banyak barang yang ditawarkan kepada konsumen. Semakin banyak penjual yang memproduksi barang tersebut, maka semakin banyak pula barang yang dapat di tawarkan kepada konsumen dengan harga yang sama.

Jadi, pada kurva pertama (a) yang mempengaruhi pergeseran kurva karena adanya teknologi, ekspektasi, subsidi dan juga jumlah penjual. Seperti yang saya jelaskan di atas, bahwa faktor-faktor tersebut mempengaruhi barang yang di tawarkan untuk konsumen. Faktor tersebut membuat barang yang di tawarkan semakin meningkat tetapi harga barang tetap sama.

Misalkan produksi baju : baju yang di buat jumlahnya  akan semakin banyak jika teknologi yang di gunakan semakin baik dibanding dengan menjahit bajunya menggunakan tangan. Ketika produsen telah menentukan ekspektasi di masa yang akan datang, bahwa di masa yang akan datang baju yang di buat banyak yang menginginkan sehingga produsen membuat lebih banyak untuk memenuhi permintaan konsumen. Dengan menggunakan subsidi yang di berikan oleh pemerintah maka produsen  dapat membuat lebih banyak baju  yang di hasilkan, selain itu jumlah penjual yang semakin banyak membuat peningkatan produksi baju yang di tawarkan produsen kepada konsumen.

Penjelasan pada kurva kedua (b) adalah pergeseran kurva terjadi karena adanya perubahan harga sumberdaya barang tersebut, pajak dan batasan pemerintah.

  • Perubahan sumberdaya membuat  produksi suatu barang akan menurun, karena lebih banyak biaya yang di gunakan oleh produsen dalam membuat barang yang dapat di tawarkan kepada konsumen. Sehingga barang yang di tawarkan mengalami penurunan dengan harga yang tetap.

  • Semakin besarnya pajak yang ditetapkan pemerintah memberatkan para produsen dalam memproduksi barang yang di tawarkan, sehingga membuat peredaran barang yang di tawarkan produsen semakin menipis. Produsen tidak mau menaikkan harganya sehingga mereka memilih untuk mengurangi barang yang di hasilkannya agar tidak mendapatkan kerugian.

  • Batasan pemerintah membuat barang yang di hasilkan produsen mengalami penurunan. Dengan adanya batasan yang di keluarkan pemerintah maka produsen tidak dapat menghasilkan banyak barang karena sudah ditentukan batasan barang yang bisa di tawarkan produsen. Sehingga kuantitasnya semakin menurun.

Jadi, pada kurva kedua (b) yang mempengaruhi pergesaran kurva karena adanya perubahan sumberdaya, pajak dan juga batasan pemerintah. Bahwa faktor-faktor tersebut mempengaruhi perubahan kuantitas yang semakin menurun tetapi harga yang di tawarkan tetap sama.

Misalkan produsen baju : bahan yang digunakan untuk membuat baju semakin tinggi maka, produksi barang yang dihasilkan semakin menurun. Pajak yang ditentukan pemerintah yang dianggap semakin mencekik para produsen membuat produksi bajunya semakin menurun.  Selain itu, batasan pemerintah yang dibuat membatasi para produsen untuk memproduksi lebih banyak baju yang akan di produksi

http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/prihantoro/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s