Price and Quanitiy terhadap Permintaan di Pasar

Posted: Januari 26, 2012 in teori ekonomi 2

Harga pasar atau harga keseimbangan adalah tingkat harga di mana jumlah barang yang ditawarkan oleh para penjual sama dengan jumlah barang yang diminta oleh para pembeli. Pada kondisi demikian dikatakan bahwa pasar dalam keadaan keseimbangan atau ekuilibrium. Harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan di pasar ditentukan oleh permintaan dan penawaran barang tersebut. Oleh karenanya, analisis penentuan harga dan jumlah barang yang diperjualbelikan di suatu pasar, harus berdasarkan analisis permintaan dan penawaran barang tersebut secara bersama-sama.

Namun di sini saya hanya akan menjelaskan dari sisi permintaannya saja. Kurve permintaan menunjukkan satu ciri yang sama, yaitu arahnya yang turun dan kiri-atas ke kanan-bawah. Bentuk kurve mi menunjukkan bahwa antara harga (P) dan jumlah yang mau dibeli (Qd) terdapat suatu hubungan yang berbalikan.

Dilihat dari kurva permintaan di atas menjelaskan bahwa hukum permintaan apabila harga suatu barang naik maka permintaan akan barang tersebut juga menurun dan sebaliknya apabila harga barang turun maka permintaan akan barang tersebut meningkat. Jadi, hubungan antara harga dan jumlah barang yang diminta memiliki hubungan yang terbalik.

Sebagai contoh permintaan akan buah jeruk, Ada seseorang yang ingin membeli buah jeruk, berikut tabel harga jeruk beserta permintaan jeruknya :

Dari tabel di atas bisa dibuat grafik. Artinya apabila harga jeruk turun maka jumlah jeruk yang diminta bertambah atau sebaliknya (ceteris paribus). Berikut adalah kurva permintaan Buah Jeruk :

Pergeseran harga pada buah jeruk akan membuat pergerakan di sepanjang kurva Demand atau permintaan. Ada beberapa penentu permintaan yang bisa membuat kurva bergerak naik maupun turun, yaitu:

1. Jumlah pembeli

2. Besar penghasilan

3. Harga barang-barang

> Barang pelengkap (komplementer) misalnya kopi dengan gula

> Barang pengganti (substitut) misalnya buah jeruk dengan tomat

> Barang lepas (independent) misalnya buah jeruk dengan tomat

4. Musim, selera, mode, kebiasaan, perubahan jaman

5. Harapan/pandangan tentang masa yang akan datang

Misalkan pergeseran kurva permintaan yang menunjukan adanya perubahan pendapatan. Apabila pendapatan Desi mengalami peningkatan, maka jumlah jeruk yang diminta pun juga akan meningkat. Namun ketika pendapatan Desi mengalami penurunan maka jumlah jeruk yang diminta akan turun. seperti pada tabel di bawah ini :

Apabila dari tabel di atas diubah dalam bentuk grafik, maka akan tampak seperti di bawah ini.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2096058-aspek-dasar-ekonomi-mikro/#ixzz1kX5Hj78p

http://ridwan-invisible.blogspot.com/2011/11/permintaan-penawaran-dan-elastisitas.html

http://bayu96ekonomos.wordpress.com/modul-sim/modul-pe-mikro/

tautan : http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/prihantoro/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s