ENTREPRENEURSHIP IN INNOVATION, PHENOMENA GROWTH OF ENTERPRISES AND INDUSTRIAL ORGANISATIONS IN NIGERIA

Posted: Maret 4, 2012 in teori ekonomi 2

Masih kurangnya penggunaan sumber daya seperti tanah, tenaga kerja, dan modal di negara Nigeria membuat masyarakatnya melakukan beberapa inovasi untuk memberdayakan sumberdaya yang terbengkalai itu. Factor kewirausahaan yang digerakan oleh para pengusaha ternyata dapat berinovasi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari sumberdaya yang terbengkalai itu. Meningkatnya kegiatan kewirausahaan disebabkan karena tingkat pengangguran, sector jasa tumbuh, pernurunan control regulasi yang meningkat. Pentingnya inovasi ini merupakan dasar pembangunan ekonomi demi meningkatkan produktivitas marjinal dari factor-faktor produksi karena melibatkan inovasi, pengembangan, pengakuan, kesempatan merebut dan kesempatan untuk mengubah ide-ide berharga.

Melalui inovasi, perngusaha memperkenalkan teknik produksi baru, komoditas baru, memperbaiki yang sudah ada, membuka pasar baru, mengeksplorasi sumber baru bahan baku dan desain baru teknik manajemen. Pengembangan inovatif sebagai cara memperkenalkan atau menamkan inovatif didalam pengusaha untuk mengembangkan dan pembentukan bisnis baru. Pengusaha harus terus-menerus mancari ide-ide baru yang kompertitif dan inovatif untuk tetap relevan dalam bisnis dan tidak mempunyai hutang yang besar kepada siapapun untuk memulai usaha atau mengembangkat usaha. Pengusaha juga harus dapat memanfaatkan kekuatan, maupun kelemahan, peluang dan ancaman dilingkungan untuk bertahan hidup dari kompetisi.

Pembangunan ekonomi menjadi sumber utama dari pertumbuhan ekonomi dan industrialisasi yaitu produk dari kemajuan teknis dan investasi. Kemajuan teknis atau pertumbuhan modal disisi lain terlihat menjadi fungsi dan hasil usaha kewirausahaan. Sumber atau agen pertumbuhan ekonomi adalah pengusaha yang harus dikembangkan dan didukung oleh permerintah untuk secara efektif menjalankan tugasnya. Dengan begitu individu dan kelompok yang berkepentingan terangsang sehingga bertualang di bidang pertambangan, perbankan, industry pengetahuan, pendidikan, teknologi informasi. Beberapa kebijakan dan kegiatan yang dibuat pemerintah merupakn upaya mendorong pengembangan kewirausahaan.

Kualitas kinerja pengusaha akan  menentukan apakah modal akan tumbuh secara cepat atau lambat dan apakah pertumbuhan melibatkan inovasi produk baru dan teknik produksi yang dikembangkan. Pengembangan dan pemanfaatan keterampilan teknis dan komersial menciptakan potensi pertumbuhan mikro, pengusaha skala kecil dan menengah. Kemajuan teknis dasarnya menghasilkan peningkatan produksi, tenaga kerja, ekspor, dan stimulasi atas pertumbuhan PDB.

Namun, pengusaha Nigeria masih belum siap dalam menghadapi masalah dan tantangan dalam perjuangan mereka untuk inovasi dan kemajuan teknis. Tapi itu dapat diatasi dan dapat bejalan dengan baik jika adanya kerjasama yang baik antara pemerintah dan pengusaha tentunya. Misalnya pemerintah perlu menjamin dan menghapuskan hambatan yang akan ditemui para pengusaha ketika ingin meminjam sejumlah uang dari bank yang dijadikan modal agar bisnis yang mereka jalankan tidak mati sehingga mereka tetap melakukan inovasi-inovasi baru.

Lailla dan Dewi

http://nustaffsite.gunadarma.ac.id/blog/prihantoro/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s